RSS

About AMPUH

AMPUH

Asosiasi Mahasiswa Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, disingkat AMPUH merupakan organisasi tempat berkumpulnya mahasiswa-mahasiswa  Fakultas Hukum UNHAS (FH-UH) yang mengambil jurusan hukum keperdataan dan juga mahasiswa-mahasiswa FH-UH yang senang mengkaji dan mendiskusikan mata kuliah hukum keperdataan dan isu-isu kontemporer dalam hukum perdata.

Tujuan dari Asosiasi Mahasiswa Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (AMPUH) sebagaimana tertulis dalam AD/ART AMPUH adalah “Terbinanya insan akademis yang bertanggung jawab pada pengembangan nilai-nilai profesionalisme hukum”

AMPUH dideklarasikan pada tanggal 1 April 2011 di ruangan Aula Promosi Doktor FH-UH oleh Prof. Dr. Anwar Borahima, S.H., M.H. selaku Ketua Bagian Hukum Keperdataan FH-UH dan Muhammad Rizal Rustam. Deklarasi AMPUH dibuka oleh Prof. Dr. Aswanto, S.H., M.Si., DFM selaku Dekan Fakultas Hukum UNHAS pada saat itu dan dihadiri oleh dosen-dosen FH-UH pengajar bagian Hukum Keperdataan dan juga dihadiri oleh mahasiswa FH-UH khususnya yang terdaftar mengambil jurusan hukum keperdataan. Kegiatan deklarasi AMPUH juga dirangkaikan dengan Kuliah Umum oleh Ketua Bagian Hukum Keperdataan dengan judul “KRIMINALISASI PERDATA”

Arti lambang AMPUH adalah sebagai berikut:

  1. Ayam jantan melambangkan sifat dan pribadi Sultan Hasanuddin yang mencerminkan sikap intelek, berjiwa besar dan militan dalam bergerak ke arah kemajuan yang menunjukkan sifat kader-kader AMPUH dan juga merupakan logo universitas hasanuddin.
  2. Pena melambangkan sifat kritis yang didasari dari ketajaman analisis dan landasan kerangka berpikir dari kader-kader AMPUH yang senantiasa haus akan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi.
  3. Buku terbuka melambangkan AMPUH organisasi yang senantiasa haus akan ilmu pengetahuan dalam pengembangan wacana keilmuannya, dan terbuka untuk menerima pengetahuan-pengetahuan baru yang sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan Indonesia dan agama.
  4. Lingkaran melambangkan sebuah himpunan dan tulisan AMPUH merupakan singkatan dari Asosiasi Mahasiswa Hukum Perdata Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin yang berarti organisasi AMPUH merupakan sebuah himpunan atau wadah tempat berkumpulnya mahasiswa-mahasiswa Fakultas Hukum UNHAS (FH-UH) yang mengambil jurusan hukum keperdataan dan juga mahasiswa-mahasiswa FH-UH yang senang mengkaji dan mendiskusikan mata kuliah hukum keperdataan dan isu-isu kontemporer dalam hukum perdata.
  5. Matahari melambangkan simbol cahaya yang berarti ilmu pengetahuan yang bersifat menerangi dan memberikan penjelasan yang bermakna bahwa setiap kader-kader AMPUH harus berilmu pengetahuan dengan cara mengaktualkan potensi akalnya sehingga dapat menjadi penjelas dan menjadi ciri identitas pembeda dengan kader organisasi yang lain.
  6. 5 Pilar merupakan simbol pondasi keyakinan dan sandaran bagi kader-kader AMPUH yang bermakna organisasi AMPUH tidak berpahaman sekuler yang memisahkan antara ilmu pengetahuan dan agama, melainkan organisasi ini menyandarkan ilmu pengetahuan berdasarkan nilai-nilai agama

Arti tanda warna lambang AMPUH adalah sebagai berikut:

  1. Merah bermakna keberanian
  2. Putih bermakna kesucian
  3. Merah putih bermakna sifat nasionalisme kebangsaan
  4. Hitam bermakna kedalaman ilmu
  5. Emas bermakna Kejayaan
  6. Campuran warna emas, merah, hitam, dan putih bermakna toleransi dalam menghargai setiap perbedaan, keragaman berpikir, sifat dan karakter serta latar belakang dari setiap kader-kader AMPUH.

 

Dewan Pembina AMPUH:

  • Prof. Dr. Anwar Borahima, S.H., M.H.
  • Prof. Dr. Ahmadi Miru, S.H., M.H.
  • Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum
  • Dr. Nurfaidah Said, S.H., M.H., M.Si
  • Dr. Padma D. Liman, S.H., M.H.
  • Dr. Winner Sitorus, S.H., M.H., LL.M
  • Muhammad Rizal Rustam, S.H., M.H
  • Moh. Yuda Sudawan, S.H., M.H

 

Nama Ketua Umum dan Sekretaris Umum AMPUH dari periode ke periode:

Periode 2011-2012

  • Ketua Umum : Muhammad Rizal Rustam
  • Sekretaris Umum : Vidya Meisyal Annisha

Periode 2012-2013

  • Ketua Umum : Andi Rinanti Batari
  • Sekretaris Umum : Imam Munandar

Periode 2013-2014

  • Ketua Umum : Muhammad Sahlan
  • Sekretaris Umum : Imam Munandar

Periode 2014-2015

  • Ketua Umum : Yoga Alexander
  • Sekretaris Umum : Nisrina Atikah Hasdar

Periode 2015-2016

  • Ketua Umum : Febri Maulana
  • Sekretaris Umum : Nila Sari
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: